Lagi Belajar, Masih Belajar, Terus Belajar

Gerakan Energi Terbarukan(GET) : Dari Lingkungan untuk Lingkungan

13 Feb 2017 - 12:02 WIB

GET adalah Gerakan Energi Terbarukan STT-PLN yang didirikan oleh mahasiwa Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT-PLN) Jakarta, sebagai sarana untuk mengembangkan ide, mewujudkan gagasan, dan membantu masyarakat dalam bidang energi. Komunitas ini mempunyai peranan yang cukup berarti untuk membentuk kepribadian dan melatih kemampuan berorganisasi sebagai bekal untuk terjun ditengah kehidupan masyarakat kelak.

GET bertujuan untuk mewadahi aspirasi masyarakat pada umumnya dan mahasiwa pada khususnya yang memiliki kesadaran dan keperdulian terhadap perubahan iklim dan keadaan linkungan dalam ruang lingkup penggunaan energy terbarukan dan konversi energy di bidang ketenagalistrikan. Di Gerakan Energi Terbarukan (GET) sendiri terdapat beberapa program kerja, diantaranya :

  • PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)

Pembangkit listrik tenaga surya adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkitan listrik bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung menggunakan fotovoltaik dan secara tidak langsung dengan pemusatan energi surya.

 

  • PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah)

Pembangkit listrik tenaga sampah adalah pembangkit listrik thermal dengan uap supercritical steam dan berbahan bakar sampah atau gas sampah methan. Sampah atau gas methan sampah dibakar menghasilkan panas yang memanaskan uap pada boiler steam supercritical. Uap kompresi tinggi kemudian menggerakkan turbin uap dan flywheel yang tersambung pada generator dinamo dengan perantara gear transmisi atau transmisi otomatis sehingga menghasilkan listrik. 

  • PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro)

Mikrohidro atau yang dimaksud dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), adalah suatu pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti, saluran irigasi, sungai atau air terjun alam dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan (head) dan jumlah debit air.

  • PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu)

Pembangkit Listrik Tenaga Angin atau sering juga disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) adalah salah satu pembangkit listrik energi terbarukan yang ramah lingkungan dan memiliki efisiensi kerja yang baik jika dibandingkan dengan pembangkit listrik energi terbarukan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Gerakan Energi Terbarukan (GET) :

  • Focus Group Discussion Komunitas Gerakan Energi Terbarukan dengan Tema “Hemat Energi” Bersama EBTKGET STT-PLN
  •   Proyek PLTHybrid (Surya dan Bayu)

 lpj

 

  • Kunjuangan Industri ke PT.SEI Bandung

dan masih banyak lagi kegiatan bermanfaat lainya. Selain itu GET STT-PLN juga berbagi informasi tentang  berbagai kegiatan lainnya kepada intern maupun extern mahasiswa STT PLN. Untuk Info lebih lanjut bisa kunjungi halaman di bawah ini :

twitter : https://twitter.com/komunitasget?lang=en

facebook : GET STT PLN

GOOGLE+ : https://plus.google.com/102765866952685944087

Dan jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar ingin memberi masukan silahkan komentar di bawah.

sumber :

lpj plts


TAGS   komunitas / GETSTTPLN / STT-PLN /


Author

Meta Murniati
metamurni13@gmail.com

S1 Teknik Informatika STT-PLN Jakarta || @metamurni471

Recent Post

Recent Comments

informasi